Wednesday, January 10, 2007

Rombak warna blog

Bosen ngepost lyric lagu sama postingan 'bout LOVE (itu juga ngambil dari artikel orang :D, dasar orang indonesia, loh koQ nyalahin orang indonesia)...
yaudah daripada BT sm masalah gw mending ngapain yah enakan..
hmm.. trus gw liatan tampang daripada blog gw..
lama" bosen juga keliatannya, warna ijo pastel (klo pastel beneran gw makan tuh :P)..
itu juga template bawaan dari bloggernya, cuman headernya duank gw ganti..
sumpah yg paling keren headernya duank, apalagi ada putu gwnya tuh, yg didesign sedemikian rupa sehingga terlihat bak VectorJunkies..

*narsis mode "ON" tadinya "OFF" koQ

abis itu gw niatin ajah buat ngerubah tampang blog gw..
ganti seluruh tampang sih ngga, cuman ganti warna duank..
gw kira sih gampang, tinggal ganti di script CSS-nya ajah..
tapi tampaknya tak semudah mencari jarum ditumpukkan tempat jarum, hihihi..

keyh kita mulai dengan mengganti warna nav-bar bloggernya..
klo soal yang ini mah nenek" sakaratul maut juga bisa..
jangankan nenek" sakaratul maut, keponakan gw yang masih playgroup ajah bisa, hihihi..
tinggal Change the Blogger NavBar trus ganti warnanya, tdnya warna blue trus gw ganti warna black..

selanjutnya kita mengganti warna daripada background blog, content sama background sidebarnya..
pertama-tama tuangkan air panas ke dalam gelas yang sudah diisi kopi susu, lalu aduk hingga merata, hidangkan bersama coklat chunky-bar klo ga ada pake wafer coklat supermen jga gpp, hihihi..
keyh" sekarang serius, hal pertama yg mesti lw buka yaitu halaman Template di tab Edit HTML..
tapi gw ingetin dulu tutorial ini cuma berlaku klo lw make design Templatenya yang kaya blog gw, klo yg laen "teing, mana abdi tau" :D
keyh gw lanjutin lagi, ntar klo lw dah buka tuh halaman ntar muncul barisan script yg bikin mata lw puyeng, tenang ajah ga usah bingung mending lw sruput dulu tuh kopi susu sambil gigit coklatnya..
klo lw mo ganti warna background blognya, tinggal lw cari ajah script yg kira" berbunyi seperti ini :

-----------------------------------------------
Blogger Template Style
Name: 565
Designer: Douglas Bowman
URL: www.stopdesign.com
Date: 28 Feb 2004
-----------------------------------------------

body {
background:#333333;
margin:0;
padding:10px 0 14px;
...

klo ga nemu lw find ajah, pencet Ctrl + F, trus cari smpe nemu..
script itu udah gw ganti jadi warna item ga gelap" bgt, kode warnanya #333333;
klo lw mo backgroundnya make gambar juga bisa, tapi gambarnya mesti lw upload dulu..
trus klo dah di upload tinggal ganti scriptnya jadi :

body {
background:url("URL gambar yg dah di upload");
...

dah gitu gampang kan..

sekarang ganti warna background contentnya jadi abu"..
tinggal lw cari script yg berbunyi seperti ini :

@media all {
#main {
background:#CCCCCC url("http://www.blogblog.com/no565/corner_main.gif") no-repeat right top;
width:460px;
float:left;
color:#333;
...

#CCCCCC itu kode warna abu"..
klo lw mo ganti sama warna yang laen, yaudah tinggal lw cari kode warna yang sesuai ajah..
bingung gimana caranya nyari kode warna, gw juga bingung, tp kyanya ada deh site nya bwat nayri koe warna, tapi gw lupa..
yaudah mending lw buka Photoshop ajah :D

sekarang ganti warna background sidebarnya jadi abu" tapi agak kegelapan..
cari script yg berbunyi sebagai berikut, gampang ko scriptnya ada di bawah script yg tadi, dibawah percis :

#sidebar {
background:#666666 url("http://www.blogblog.com/no565/corner_sidebar.gif") no-repeat left top;
width:254px;
float:right;
padding:0;
color:#cccccc;
...

abis itu lw klik Save Template Changes..
trus buka blogspot lw, klo blom berubah lw refresh ajah..

huaaammm...
ngantuk juga baru ngetik segini ajah..
mending gw sruput kopi susu dulu deh..
lah koQ dah abis, siyalan ada yang minum kopi susu gw nih lagi gw ngetik..
kurang ajar, ga tau apa gw baru nyruput sekali..

keyh lupakan ajah kita kembali ke topik..
sekarang lw perhatiin warna background sidebarnya pasti cuma setengahnya duank yang berubah jadi abu" kegelapan ga berubah sampe kebawah" yakan..
gw juga sempet bingung tuh, ko bisa gitu yah..
trus gw coba deh klik kanan tuh background yang nakal itu, trus ternyata dya pake background image..
pufff.. klo begini caranya mo gak mo gw mesti bikin background image yang ukurannya kya gitu persis, tapi diganti warnanya yang dah di modip..
yaudah mending lw save dulu tuh imagenya, caranya klik kanan trus view background images, save as dah nama imagenya bg_content.gif..
abis itu lw buka photoshop trus lw buka imagenya, tapi itu formatnya .gif..
hmm klo format gambar .gif susah dieditnya niyh..
klo gitu mesti gw rubah formatnya jadi .jpg, tapi klo di save as langsung trus di ganti jadi .jpg ga bisa..
hmm.. gimana yah, oiya gw tau caranya..
begini caranya lw jangan pilih save as, tapi save for web..
disitu bisa diganti formatnya jadi .jpg, klo dah gitu gampang dah di editnya..
tinggal lw buka gambarnya yg lw dah ganti formatnya jadi .jpg, trus lw ganti dah warnanya..
yang perlu diinget warna yang sebelah kanan itu warna background sidebarnya..
klo yang sebelah kiri itu warna background contentnya..
trus warna putih di tengah-tengah jangan di apus, itu bwat divider content sama sidebarnya..

pufff.. cape juga gw ngetik dari tadi, mana kopi gw diabisin ma orang lagi..
keyh klo gitu sekarang tinggal lw upload gambarnya, di uploder image kesayangan anda..
abis itu masukin ke script yang berbunyi seperti ini :

#content {
background:
url("http://img02.picoodle.com/img/img02/7/1/9/f_bgconteni_9272m_a6d09726.gif") repeat-y left top;
width:100%;
font-size:85%;
}

script yang gw bold itu URL gambar yang dah gw edit di photoshop trus dah gw upload..
klo gitu sekarang mending lw Save Template Changes dulu, biar tau perubahannya..

trus klo lw mo ganti" warna font linknya tinggal lw cari ajah di script bagian

/* Links
----------------------------------------------- */

huaaamm..
ngantuk berat, dah ah segitu dulu..

tapi tunggu dulu pasti lw pada" pada nanyain gimana tuh ganti headernya jadi keren kya gitu, hihihi..
klo soal itu cara"nya panjang betz, klo di pilemin sampe 3 episode juga blom kelar :D

kapan" deh gw kasih tau tutorialnya, sekarang gw mo pulang dulu dah malem..
see ya'


TAKE CARE & GANBATTE !!!

=======================
# so raise your glass high #
# for tomorrow we die #
=======================

No comments: